Wednesday, June 20, 2018

Sejarah Awal Mula Munculnya Permainan Domino - Part 2


Kata "domino" kemungkinan besar berasal dari bahasa Latin, dominus (yaitu tuan rumah). Vokatif, domine, menjadi domini Skotlandia dan Inggris. Dominal atau ablatif, domino, menjadi Prancis dan kemudian domino Inggris. Kata ini pertama-tama mengacu pada jenis tudung monastik, kemudian ke kostum topeng berkerudung dengan topeng kecil, lalu ke topeng itu sendiri, dan akhirnya ke salah satu bagian dalam set domino, yaitu tiles atau batu domino.

Permainan ini pindah dari Italia ke Prancis pada awal abad ke-18 dan menjadi tren. Pada akhir abad ke-18, Perancis juga memproduksi teka-teki domino. Teka-teki terdiri dari dua jenis. Pertama, anda diberi pola dan diminta untuk menempatkan domno di atasnya sedemikian rupa sehingga ujungnya cocok. Pada tipe kedua, anda diberi pola dan diminta untuk menempatkan domino berdasarkan sifat aritmatika pips, biasanya total garis ubin dan potongan domino. 
Buku Creative Puzzles Of The World oleh van Delft dan Botermans yang terbit di tahun 1978 memiliki reproduksi antik teka-teki gambar yang dirakit dengan mencocokkan ubin domino di bagian bawah kotak gambar dari periode ini.

Permainan ini tiba di Inggris pada akhir abad ke-18 dari Prancis (kemungkinan melalui tawanan perang Prancis) dan dengan cepat tampaknya telah menjadi populer di penginapan dan bar-bar pada saat itu. Kata "Domino" adalah bahasa Prancis untuk tudung hitam dan putih yang dikenakan oleh pendeta Kristen di musim dingin yang mungkin adalah tempat asal nama permainan tersebut. Permainan Judi Domino dimainkan di seluruh dunia, tetapi mereka paling populer di Amerika Latin.

Inuit (Eskimo, untuk menggunakan istilah lama dan salah, untuk penduduk asli Amerika Utara ini) memainkan permainan menggunakan domino yang terbuat dari tulang yang sangat mirip dengan Domino yang sekarang. Permainan ini mungkin meniru permainan Barat daripada penemuan asli. Banyak permainan yang kita kaitkan dengan kartu domino telah datang cukup modern. Permainan blok tampaknya menjadi game tertua di Eropa.

No comments:

Post a Comment