Wednesday, June 20, 2018

Sejarah Awal Mula Munculnya Permainan Domino - Part 1


Permainan sejenis tile games telah ditemukan di Cina pada awal tahun 1120 CE. Beberapa catatan sejarah telah menelusuri bukti keberadaan permainan keping-kepingan itu dimulai kembali ke seorang prajurit dan sosok pahlawan bernama Hung Ming (181-234 CE). Sejarawan lain percaya bahwa Keung T'ai Kung, pada abad ke-12 SM telah menciptakan permainan sejenis dominoa.

The Chu sz yam (Investigasi pada Tradisi Segala Sesuatu) menyatakan bahwa domino diciptakan oleh negarawan China pada tahun 1120 Masehi. Orang ini dikatakan telah menyerahkannya kepada Kaisar Hui Tsung, dan bahwa mereka diedarkan di luar negeri oleh perintah kekaisaran selama masa pemerintahan putra Hui, Kao-Tsung (1127-1163 CE). Penafsir lain mengatakan bahwa dokumen ini mengacu pada standardisasi dan bukan penemuan dari permainan itu sendiri.

Michael Dummett menulis bagian pendek di bagian sejarah "Game of Tarot" (halaman 35) yang membahas pengenalan domino di Eropa hingga Italia, kemungkinan di Venice dan Naples, pada abad ke-18. Meskipun tile domino jelas datang dari warisan Cina, hingga kini masih ada ada perdebatan apakah domino set Eropa berasal dari Cina yang dibawah ke Eropa pada abad keempat belas atau diciptakan secara independen oleh para penikmat permainan ini di benua biru tersebut.
Sebuah domino99 tunggal ditemukan dalam reruntuhan Mary Rose pada awal abad ke-16, tetapi tampaknya mungkin telah menemukan jalannya di sana beberapa lama kemudian. Secara keseluruhan, ada begitu banyak bukti bahwa permainan ini mulai rapid dimainkan di abad ke-16 dan abad ke-17 dan domino telah ada jauh sebelum manusia memainkan permainan lain meski telah lolos dari catatan sejarah.

Domino Eropa berbentuk persegi panjang yang dua kali lebih panjang dari lebarnya. Ada satu domino untuk setiap kombinasi wajah sepasang dadu; setelan kosongnya adalah lemparan satu dadu, untuk total dua puluh delapan domino dalam standar dua set ganda. Set lain dengan jumlah domino yang lebih besar ditemukan kemudian, dengan dua sembilan dan dua belas set ganda menjadi ekstensi yang paling umum dari permainan klasik ini. Di China sendiri, domino telah berubah menjadi mahjong yang hingga kini masih dimainkan di pelosok negeri tersebut.

No comments:

Post a Comment